Apasih Peranan Mahasiswa Menghadapi MEA ??

Nggak kerasa udah bulan September, udah lebih dari setengah tahun sejak diberlakukan MEA pada tanggal 31 Desember 2015 lalu. Sebelum kita membahas tentang peranan mahasiswa menghadapi MEA, yuk kita ulas dulu sebenernya apa sih MEA itu.

MEA ( Masyarakat Ekonomi Asean) adalah kesepakatan negara-negara ASEAN dalam meningkatkan kerja sama bidang perekonomian akan diberlakukan pada 31 Desember 2015. Bentuk kerja sama ini bertujuan agar terciptanya aliran bebas barang, jasa, dan tenaga kerja terlatih, serta aliran investasi yang lebih bebas. Indonesia yang merupakan salah satu negara yang ikut ambil bagian dalam MEA 2016 memiliki potensi dan peluang yang besar untuk meningkatkan perekonomian nasional.

Terus apa hubungan mahasiswa sama MEA?

Mahasiswa adalah penerus bagi bangsa Indonesia dan bangsa lainnya. Mahasiswa akan menggantikan tempat para pemimpin-pemimpin bangsa. Mahasiswa merupakan kaum intelektual yang tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan akademik yang baik, tetapi juga kemampuan non-akademik untuk menunjang kemajuan bangsa. Dari berbagai segi masyarakat berharap akan kemajuan bangsa di tangan para Mahasiswa.

Oleh karena itu, mahasiswa sebagai generasi muda perlu membuat berbagai kegiatan yang bisa menopang MEA, diantaranya yaitu menciptakan inovasi dalam bentuk usaha, keaktifaan diorganisasi kampus, mensosialisasikan MEA dan mengajak kaum muda lain untuk meningkatkan daya wirausaha sehingga usaha-usaha baru akan muncul dan bisa mempertahankan perekonomian negara.

Penulis: nawang'sBlog

Penyayang, baik hati dan tidak sombong

Tinggalkan komentar